Senin, 07 Maret 2011

Ampalang KALSEL Kot

PARAGRAF FICER
HOME INDUSTRI AMPLANG “GEMILANG”

Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar luas wilayahnya merupakan perairan. Ikan merupakan salah satu hasil perikanan yang banyak dihasilkan di Indonesia dan merupakan sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat. Ikan mudah didapat dengan harga yang relatif murah sehingga dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Kandungan protein yang tinggi pada ikan dan kadar lemak yang rendah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.
Karena manfaat yang tinggi tersebut banyak orang mengkonsumsi ikan baik berupa daging ikan segar maupun makanan-makanan yang merupakan hasil olahan dari ikan. Bahkan di Jepang dan Taiwan ikan merupakan makanan utama dalam lauk sehari-hari. Ikan merupakan produk yang banyak dihasilkan oleh alam dan diperoleh dalam jumlah melimpah. Akan tetapi ikan juga merupakan bahan makanan yang cepat mengalami proses pembusukan dikarenakan kadar air yang tinggi. Kadar air yang tinggi adalah kondisi yang memberikan kesempatan bagi perkembangbiakan bakteri secara cepat. Kelemahan-kelemahan yang dimiliki ikan dirasakan menghambat usaha pemasaran hasil perikanan dan tidak jarang menimbulkan kerugian besar, terutama pada saat produksi ikan melimpah.
Pada sektor kelautan di Desa Semayap Pulau Laut Kotabaru Kalimantan Selatan kekayaan sumber daya alam protein hewani yang melimpah memicu para ibu rumah tangga untuk berusaha dan membuka home industri sendiri. Untuk mengolah hasil laut contohnya ikan menjadi salah satu makananan yang bergizi dan bernilai ekonomis menjadi sebuah makanan ringan yang bernama amplang dan kerupuk berbahan dasar ikan tengiri. Para ibu-ibu yang berusaha membuka home industri kebanyakan untuk membantu perekonomian keluarga dan sebagai penopang tiang ekonomi keluarga.
Salah satunya home industri amplang “Gemilang” berdiri sejak tahun 2005 dan sampai tahun 2010 sudah 5 tahun berdiri masih terus bertahan untuk berhome industri amplang. Home industri Mama Rizal sendiri berdiri dari usaha dan modal sendiri tidak mendapatkan investasi dan saham dari orang lain ataupun keluarga.
Dalam pembuatan amplang “Gemilang” sendiri tidaklah susah, alat dan bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk di cari. Alat yang digunakan untuk digunakan dalam pembuatan amplang “Gemilang” sederhana saja yaitu : baskom, sendok besar untuk mengaduk adonan, pisau, penggilingan daging, kompor, tempat penggorengan (wajan). Bahan-bahan yang digunakan juga sangat sederhana yaitu: tepung tapioka, ikan tengiri, minyak nabati, gula , telur, bawang putih, penguat rasa, mono sodium glutamat (MSG), soda kue, dan garam.
Cara pembuatan amplang “Gemilang” sendiri mudah dan bisa di buat sendiri di rumah. Proses pembuatan amplang “Gemilang” pertama kita harus memilih ikan tengiri yang segar kemudian ikan tengiri di bersihkan dan di ambil dagingnya saja. Daging ikan yang sudah di ambil kemudian di giling atau di haluskan, di timbang masing-masing 1 kilogram lalu di tambahkan bumbu (bawang putih, gula, garam,penyedap rasa, penguat rasa, dan telur) di aduk sampai rata kemudian tambahkan tepung tapioka aduk sampai rata tambahkan lagi soda kue aduk sampai rata. Adonan yang sudah di buat di bentuk atau di gulung panjang dan di potong-potong bentuk pendek juga panjang, selagi pemotongan adonan di tambahkan atau ditaburi tepung agar adonan pada saat di potong tidak lengket. Kemudian potongan – potongan yang sudah di bentuk di goreng sampai 3 kali penggorengan agar mendapatkan hasil yang baik dan menjadi renyah.

Cara membuat bentuk amplang “Gemilang” menjadi panjang dan pendek begini sangat mudah sekali. Pertama – tama adonan kita ambil kemudian kila gulung-gulung menjadi panjang sekitar 30cm kemudian kita potong-potong sampai 3cm dan 1,5cm dan ditaburi dengan tepung agar tidak lengket. Waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan amplang “Gemilang” ini tergantung pembuatannya kalau pembuatan amplangnya banyak membutuhkan waktu yang lama, tetapi kalau pembuatan amplangnya sedikit cukup membutuhkan waktu sebentar. Misalnya dalam pembuatan amplang kita mau membuat 3 kilogram kita membutuhkan waktu 1 jam saja.
Dalam sehari Mama Rizal memproduksi amplang sebanyak 20 kilogram. Ikan tengirinya membutuhkan 20 kilogram. Jenis ikan yang digunakan cuma menggunakan ikan tengiri dan tidak bisa di ganti penggunaan ikan tengiri ini, karena bisa mempengaruhi rasa dari amplang itu sendiri.
Cara memasarkan dan mendapatkan amplang “Gemilang”  ini bisa dititipkan dipusat-pusat perbelanjaan, dengan membuat famflet, brosur,  dan home industri amplang “Gemilang” Mama Rizal juga membuka toko dirumah untuk memudahkan masyarakat Kotabaru Kalimantan Selatan mendapatkan amplang buatan dari saya. Produk yang dijual Mama Rizal Cuma dua produk yaitu amplang dan kerupuk ikan tengiri. Produk amplang ini saya buat 2 kemasan saja satu kemasan 250gram dan satunya lagi kemasan 500gram. Produk amplang “Gemilang” ini sudah dipasarkan keluar kota contohnya di kota Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura. Dan biasanya produk amplang “Gemilang” ini dijadikan oleh-oleh dari masyarakat luar pulau kalimantan.
Tenaga kerja yang bekerja home industri Mama Rizal ada 8 orang. Cara merekrut tenaga kerja yang bekerja home industri Mama Rizal dari tetangga dan teman-teman Mama Rizal sendiri yang bekerja, karena disini banyak ibu-ibu rumah tangga yang menganggur dari pada ibu-ibu rumah tangga ini menganggur dirumah saja, Mama Rizal ajak bekerja ditempat home industri amplang “Gemilang”  ini.
Suka duka dari berhome industri ini ada. Kalau duka misalnya musim pengghujan dan gelombang air laut besar Mama Rizal susah sekali untuk mendapatkan ikan tengiri, kalau adapun itu harganya sangat-sangat mahal dan juga dalam penjualan amplang pasti kenaikkan harga penjualannya pun menjadi dampak. Pembeli yang datang sedikit sekali untuk membeli amplang yang Mama Rizal produksi . Dan sukanya apabila produk amplang “Gemilang” Mama Rizal produksi terjual habis dalam sehari. Kendalanya sama dengan duka Mama Rizal alami, dalam mendapatkan ikan tengiri dalam musim penghujan dan gelombang air laut yang sangat besar, pasti ikan tengiri yang didapat sangat susah dan mahal. Sudah diterima oleh masyarakat di kota ini, bahkan masyarakat diluar kota ini juga sangat suka dengan produk amplang yang Mama Rizal buat ini. Produk olahan dari ikan ini bernama “GEMILANG”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar